Istilah Etiolasi pada pertumbuhan tanaman hidroponik

Pengertian Etiolasi

Etiolasi adalah pertumbuhan tumbuhan yang sangat cepat di tempat gelap atau kekurangan cahaya (misal saat musim hujan) saat perkembangan berlangsung yang mengakibatkan batang  akan tumbuh lebih cepat namun lemah dan daunnya berukuran kecil, tipis, dan berwarna pucat (tidak hijau). Etiolasi juga sering disebut dengan kutilang yaitu kurus, tinggi, langsing. Kalau dibiarkan maka tanaman akan lemas dan cepat mati.

Penyebab Etiolasi

Gejala etiolasi disebabkan oleh kurangnya cahaya atau tanaman berada di tempat yang gelap. Etiolasi dikendalikan oleh hormon pertumbuhan auksin yang diproduksi di ujung titik pertumbuhan. Auksin (Bahasa yunani Auxein = meningkatkan) memiliki sifat-sifat di antaranya:

  • Banyak terdapat di ujung-ujung koleoptil atau ujung-ujung tunas.
  • Diketahui sebagai senyawa Asam Indol Asetat (AIA) atau Indol Acetic Acid (IAA). Rumus kimianya:

auksin

  • Kerjanya efektif bila tidak ada cahaya.
  • Bekerja mempengaruhi/mempercepat proses pembelahan sel-sel meristem di ujung-ujung tunas (batang dan akar)

Dengan sifat auksin ini, tumbuhan dapat tumbuh sangat cepat ditempat gelap (etiolasi).

Auksin berdifusi ke sel-sel tumbuhan dan ditransportasikan melalui jaringan pembuluh dari ujung atas tumbuhan ke bawah. Ketika auksin aktif, auksin merangsang pompa proton di dinding sel yang meningkatkan keasaman dinding sel dan mengaktifkan enzim ekspansin, enzim yang memecah ikatan kimia di dinding sel, sehingga dinding sel melemah dan sel mampu berkembang menjadi lebih besar.

Kloroplas yang tidak terkena matahari disebut etioplas. Kadar etioplas yang terlalu banyak menyebabkan tumbuhan menguning. Pada hal ini hormon auksin bekerja dengan baik karena tumbuhan tidak terkena cahaya.

Etiolasi adalah kecenderungan tumbuhan untuk menjangkau sumber cahaya. Dengan keberadaan auksin, tumbuhan akan terus memanjang sampai titik ujung tumbuhan mendapatkan cahaya yang cukup untuk menghambat produksi auksin. Penambahan tinggi atau panjang tumbuhan tanpa disertai pertumbuhan jumlah klorofil menyebabkan terbentuknya warna hijau pucat.

Gejala Etiolasi:

  • Penambahan tinggi atau panjang tumbuhan
  • melemahnya dinding sel pada daun dan batang
  • Jarak antar ruas tanaman yang lebih panjang
  • Klorosis (daun berwarna pucat)

Mencegah Etiolasi:

  • Benih yang mulai tumbuh/pecah/sprout segera dikenalkan dengan sinar matahari
  • Memberi lampu di atas tanaman yang baru tumbuh (misalnya lampu khusus growing light)

 

Sumber : Klinik Hidroponik